Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Pinjaman Online

Pinjaman online atau sering disebut pinjol adalah salah satu jenis hutang yang bersifat online, dimana peminjam dapat mengajukan dana hutang secara online melalui gadget. Kita tidak perlu datang ke kantor perusahaan peminjam uang tunai tersebut, hanya dengan bantuan hp dan internet kita dapat mengajukannya.

Gambar Pinjaman Online

Bagaimana langkah dan persyaratan mengajukan pinjaman online?

Sebagai informasi, persyaratan yang biasanya digunakan untuk mengajukan pinjaman online cukup mudah. Anda hanya memerlukan ktp sebagai syarat utama. 

Namun jika anda memiliki syarat pendukung seperti npwp, slip gaji, slip usaha, bukti usaha dan segalanya yang berkaitan dengan keuangan anda maka dapat dilampirkan juga sebagai data penguat pinjaman online, karena semakin baik data anda intensitas di acc semakin besar.

Tidak hanya itu saja, anda juga harus memiliki riwayat baik ketika ingin mengajukan pinjaman online agar mudah diterima. Karena pinjol melihat data anda melalui BI checking dan asosiasi pembiayaan atau dengan kata lain organisasi leasing.

Apabila anda sudah lolos dalam tahap tersebut, maka nilai scoring kredit akan tinggi. Semakin tinggi nilai scoring maka akan semakin besar di acc pada pinjol ini. 

Sedangkan untuk langkah-langkah mendaftarkan pinjaman online ini cukup mudah. Cukup install aplikasi pinjaman online yang mau anda coba ajukan, lalu daftar melalu hp android anda. Secara garis besarnya seperti itu, namun setiap aplikasi memiliki langkah yang berbeda-beda.

Bagaimana cara kerja pinjaman online?

Cara bekerja dari sistem aplikasi pinjaman online ini sama seperti ketika kita meminjam uang dibank, lalu terdapat persyaratan dan ketentuan yang perlu kita setujui. Dengan menyetujui maka kita akan dapat melanjutkan meminjam uang secara online.

Tetapi apabila kita tidak menyetujui syarat dan ketentuan, maka kita tidak dapat mengajukan pinjaman online tersebut. Setelah kita menyetujui ketentuan dan persyaratan termasuk perhitungan bunga pinjaman online rendah ataupun tinggi maka kita hanya menunggu proses pengajuan dan akan mendapatkan hasil.

Hasil dari pengajuan online ini apabila disetujui,, maka akan mendapatkan saldo berupa limit yang dapat anda transfer ke rekening bank dan dapat dicairkan dengan cepat. 

Setiap perusahaan pinjol memiliki ketentuan yang berberda-beda, sehingga anda perlu jeli untuk memahaminya supaya tidak terjebak dalam pinjol yang salah.

Mengapa  harus pinjaman online?

Jika anda bertanya mengapa harus meminjam uang pada pinjol bukan kepada bank? Karena proses dan syarat yang diberikan pinjol cukup mudah dan cepat. Pengajuan pinjol bisa berselang 1-3 hari saja dan mendapatkan hasil.

Berbeda dengan bank yang kita harus menyiapkan syarat yang lengkap serta terkadang pinjaman dibank harus menggunakan angunan atau jaminan. Sedangkan pada pinjaman online tidak perlu menggunakan jaminan dan langsung cair jika di acc.

Dimana kita bisa mendapatkan pinjaman online?

Pinjol ini bisa anda dapatkan dengan menginstall aplikasinya melalui playstore atau anda juga bisa mengunjungi bagian penawaran pada halaman ini. Pastikan pinjaman online yang anda pilih sudah terdaftar OJK.

Karena pinjaman online yang sudah terdaftar OJK memiliki keamanan yang lebih baik daripada pinjaman online ilegal. Meskipun keduanya tidak menjamin aman 100% data anda.

Keuntungan dan kerugian pinjaman online.

Tidak selalu pinjaman online itu buruk, karena masih ada pinjol yang terdaftar OJK dan memiliki reputasi baik. Berikut ini keuntungan dan kerugian menggunakan pinjaman online legal terdaftar OJK :

Keuntungan :

  • Bunga lebih rendah.

  • DC lebih santai daripada pinjaman online ilegal.
  • Kantor perusahaan pinjol jelas karena sudah terdaftar.
  • Memiliki ijin resmi, sehingga sesuai dengan peraturan OJK.

Kerugian :

  • Data tidak terjamin baik legal ataupun ilegal, karena saat pendaftaran aplikasi pinjaman online meminta ijin untuk mengakses kontak.
  • Bunga cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan bank, mungkin karena pinjol tanpa jaminan dan hanya menggunakan ktp.

Sekian informasi mengenai pinjaman online, nantikan artikel terbaru kami seputar dengan pinjaman online, kredit online dan keuangan lainnya. Terima kasih sudah berkunjung.